Rabu, 07 September 2011

Oregano, Nikmat Sarat Khasiat

Foto: lookfordiagnosis.com
Tanaman yang satu ini sering dijadikan rempah segar karena daunnya yang wangi semerbak. Digemari oleh orang Eropa terutama Italia. Di samping digunakan dalam keadaan segar tidak jarang pula digunakan dalam kondisi kering. Daun oregano kering memiliki flavor lebih tajam dibandingkan dengan daun segarnya.
Bagi yang sering makan pizza atau sepagheti pasti sudah tak asing lagi dengan rasa dan aroma daun satu ini. Tanaman dengan panjang 20 - 80 cm, biasa dikenal dengan sebutan Oregano atau Pot Marjoram (Origanum vulgare). Meski berasal dari Mediterania, Asia Tengah dan Selatan, daun yang memiliki aroma khas ini mampu
membius lidah orang Itali sehingga menjadi rempah andalan dalam masakan Italia. 

Hampir semua masakan  Italia menggunakan daun ini. Juga beberapa masakan Eropa yang memakai tomat, seperti pasta dan sup. Tambahan oregano membuat hidangan sup hati, salad, kambing guling, dan ayam panggang menjadi lebih wangi dan enak aromanya.

Minyak esensial yang berasal dari tanaman genus Origanum ini mengandung Senyawa tanin, fenol (carvacrol, thymol, cineole, dan borneol), monoterpen hidrokarbon ;limonene, terpinene, ocimene, caryophyllene, alpha-pinene, beta-pinene, alphaterpinene, beta-bisabolene, p-cymene, myrcene, dan camphene), serta monoterpen alkohol (linalool dan 4-terpineol).
Tanaman oregano juga mengandung senyawa asam lemak seperti asam rosmarinat, asam palmitat, asam stearat, asam oleat, asam ursolat, asam kafeat, dan asam kaprat. Mineral yang terkandung antara lain kalium, magnesium, mangan, seng, clan tembaga. Vitamin yang terkandung antara lain vitamin B3 (niasin) dan betakaroten (Astawan:2011)

Oregano mengandung senyawa karvakrol, timol, limonen, pinen, ocimene, dan caryophyllene. Daun dan batang yang menyokong bunga pada tanaman ini bersifat antiseptik, antispasmodik, karminatif, cholagogue, ekspektoran, stimulan, serta tonikum. Oregano bisa dimakan langsung guna mengatasi demam, influenza, sakit perut, serta sakit akibat menstruasi.

Selain itu, oregano juga memiliki khasiat yang dapat menenangkan dan membantu tubuh di saat tidur. Daun dengan aroma yang harum ini juga kaya akan kandungan timol yang berfungsi antiseptik  kuat bila digunakan sebagai obat luar.

Khasiat antioksidan kuat juga dimiliki oleh oregano akibat kandungan senyawa asam fenolat dan flavonoid. Telah dibuktikan bahwa oregano berkhasiat antimikroba terhadap Lysteria monocytogenes. Selain itu tanaman ini juga berkhasiat terhadap bakteri Staphylococcus aureus yang resisten terhadap methicillin.

Oregano banyak dijual di pasar swalayan dalam bentuk daun segar atau yang sudah dipotong-potong dan dikeringkan serta dikemas dalam botol-botol kecil.

Referensi

Astawan, Made. 2011. Oregano, Rasanya Khas banyak Khasiatnya (Online) http://health.kompas.com/read/2011/07/18/11434842/Oregano.Rasanya.Khas.Banyak.Khasiatnya, diakses pada 08 Agustus 2011.

Faleiro, Leonor; et al. (2005). "Antibacterial and Antioxidant Activities of Essential Oils Isolated from Thymbra capitata L. (Cav.) and Origanum vulgare L.". J.   Agric. Food Chem. 53 (21): 8162–8168.

Wahyuningsih, Reni. 2011. Oregano, Wangi dan Sarat Nutris (Online) http://www.detikfood.com/read/2011/03/11/170730/1589759/900/oregano-wangi-dan-sarat-nutrisi, diakses pada 08 Agustus 2011.



Share This Post to Others:

0 comments:

Creative Commons License
kampung kuliner by kampung kuliner is licensed under a Creative Commons License.
Based on a work at kampung-kuliner.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://kampung-kuliner.blogspot.com.

Copyright © Agustus 2011 Kampung Kuliner | All rights reserved